Jumat, 15 Juli 2011

Sejarah Singkat PHP

Jika anda bertanya siapa programmer pencipta kode-kode PHP jawabannya adalah Rasmus Lerdorf. Ia dilahirkan pada tanggal 22 November 1968 di Qeqertarsuaq, Greenland. PHP singkatan dari Hypertext Prepocessor yaitu bahasa pemrograman web server-side yang bersifat open source. PHP merupakan script yang terintegrasi dengan HTML dan berada pada server (server side HTML embedded scropting). PHP adalah script yang digunakan untuk membuat halaman website yang dinamis. semua script PHP dieksekusikan pada server dimana script tersebut dijalankan.


Berikut sejarah singkat PHP
  • Pada tahun 1995 PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdof. yang diberi nama FI (Form Interpreted) dan igunakan untuk mengelola form dari web. Pada perkembangannya, kode tersebut dirilis ke umum sehingga mulai banyak dikembangkan oleh programer di seluruh dunia.
  • Pada tahun 1997 PHP 2.0 dirilis. Pada versi ini sudah terintegrasi dengan bahasa pemrograman C dan dilengkapi dengan modulnya sehingga kualitas kerja PHP meningkat secara signifikan. Pada tahun ini juga sebuah perusahaan yang bernama Zend merilis ulang PHP dengan lebih bersih, baik, dan cepat.
  • Pada tahun 1998 PHP 3.0 di luncurkan.
  • Pada tahun 1999 PHP versi 4.0 dirilis. PHP versi ini paling banyak digunakan diabad 21 karena sudah mampu membangun web komplek dengan stabilitas kecepatan yang tinggi.
  • Pada tahun 2004 Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukan model pemrograman berorientasi objek kedalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.

Lalu pada versi 6 PHP sudah support untuk unicode. juga banyak fitur penting lainnya yang telah ditambahkan kedalam PHP 6, antara lain :
  • Support Unicode, dukungan terhadap penggunaan Unicode telah ditambahkan, sehingga lebih mudah untuk membangun dan memelihara aplikasi.
  • Perbaikan Keamanan.
  • Fitur dan konstruksi baru, sejumlah signifikan sintaks baru ditambahkan seperti 64-bit integer type, membangun perulangan untuk array multidimensi, serta dukungan untuk labeled breaks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar