Minggu, 25 September 2011

Coklat oh Coklat

Apakah anda suka coklat? Apa yang ada dalam pikiran anda jika anda memikirkan coklat? enak, manis, kegemukan, sakit gigi, kolesterol atau yang lainnya? Sejak kecil kita semua pasti mengenal coklat, baik dalam bentuk coklat batangan, permen coklat, kue coklat atau produk makanan lain dengan rasa coklat.Apakah coklat terlihat selalu membawa dampak yang buruk bagi Anda? Jangan salah duga dulu pada coklat, ternyata menurut banyak penelitian, coklat merupakan makanan kaya gizi dengan segudang manfaat Khasiat coklat juga bermacam-macam, sebagai sumber energi karena mengandung kalori tinggi, menjaga kebugaran dan juga berperan dalam sistem syaraf otak.





Baiklah pertama kita jelaskan dulu bagaimana sejarah coklat. Coklat adalah jenis makanan yang diolah dari biji coklat (cocoa = kokoa). Menurut sejarah, pohon coklat mula- mula tumbuh di daerah Amazon utara sampai ke Amerika Tengah.  Pada mulanya biji coklat di konsumsi sebagai minuman. Biji coklat difermentasikan, dikeringkan, lalu di panggang dan digiling sehingga terbentuk serbuk coklat yang siap diminum dengan tambahan aneka rempah. Suku maya di Amerika mengonsumsi coklat dalam bentuk minuman yang ditaburi lada merah, vanila atau rempah - rempah lain.

Coklat padat baru ditemukan pada tahun 1987 oleh orang Eropa. Untuk penggunaannya, coklat dikelompokkan menjadi dua yaitu :

a. Eating Chocolate, yaitu coklat yang dapat langsung dimakan tanpa harus diolah dengan produk lain

b. Baking Chocolate, yaitu coklat yang penggunaannya dipadukan dengan produk lain seperti untuk roti, kue, ice cream, susu, minuman atau sebagai bahan hiasan dekorasi.
[sumber]

Selain itu coklat juga mempunyai manfaat untuk kesehatan, diantaranya:

  • Coklat dapat mengurangi kolesterol dalam darah
  • Coklat dapat mencegah penyakit jantung dan kanker
  • Coklat dapat mencegah darah tinggi dan stroke
  • Coklat sebagai nutrisi dan vitamin yang penting untuk kesehatan tubuh
Sebaiknya kita mengonsumsi coklat yang memiliki kandungan kakao (biji coklat) yang tinggi untuk memperoleh manfaat coklat yang maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar