Kamis, 26 April 2012

Sekilas Tentang Konsentrator


Konsentrator terbentuk dari sebuah  general purpose mini-computer dengan stored-program yang dirancang khusus. Memiliki fungsi menampung sinyal  dari beberapa sumber dan menyalurkannya melalui saluran komunikasi bila saluran tersebut bebas. konsentrator ini berfungsi untuk mengumpulkan sinyal.

Berikut adalah tugas dari konsentrator :

  • Menyedialan Line servicing
Untuk membentuk hubungan, mengidentifikasi terminal, menentukan kecepatan dan pelayanan yang dibutuhkan.

  • Meratakan Traffic
Menggunakan saluran secara efisien. data yang akan dikirimkan disimpan untuk sementara waktu dan dikirimkan ketempat tujuan apabila tempat tujuan bebas.

  •  Eror Control
Data yang masuk dapat diperiksa kebenarannya dan juga pemberian kode untuk pengiriman data ke komputer pusat..

Berikut adalah contoh dari konsentrator :
  • Switch
Switch adalah sebuah perangkat keras yang memungkinkan terjadinya distribusi paket data antara komputer dalam jaringan, switch dapat mengirimkan sinyal atau transmisi langsung ke komputer tujuan, untuk proses pengirimannya menggunakan switch lebih cepat karena kapasitas yang ada langsung ketujuan. dan dari segi keamanan menggunakan switch lebih aman karena data langsung sampai ketujuan.

  • HUB
Hub adalah perangkat jaringan yang sederhana, hub akan mengirimkan sinyal /transmisi kesetiap komputer yang aktif di jaringan pengirimannya pun lebih lambat karena kapasitas yang ada dibagi rata, dan dari segi keamanannya menggunakan hub ini lebih rawan diandingkan menggunakan switch

Tidak ada komentar:

Posting Komentar